Teknologi Wan:

PENGERTIAN: 
WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup area yang luas, melintas batas gedung, batas kota, batas daerah, bahkan batas negara. WAN dapat merupakan koneksi beberapa LAN yang terletak berjauhan sehingga data harus ditransfer melalui jaringan komunikasi.
  
 KEGUNAAN TEKNOLOGI WAN:
1. Mengoperasikan jaringan area dengan batas geografik yang sangat luas
2. Memungkinkan akses melalui interface real yang beroperasi pada kecepatan rendah
3. Memberikan koneksi fulltime
4. Menghubungkan perangkat perangkat yang terpisah melewati area global yang luas


PERANGKAT PERANGKAT WAN:
Wan Menghubungkan beberapa lan melalui jalur komunikasi servis provider , karena jalur komunikasi tidak langsung bisa dimasukkan ke lan maka diperlukan beberapa perangkat interface antara lain:

1. ROUTER:
  
 Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh lapis OSI.

Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork  untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP)

 2. CSU/DSU:
 
Chanel Servis Unit / Data Servis Unit
Merupakan jalur komunikasi yang membutuhkan  sinyal dengan format yang tepat.

3. MODEM:







Hasil gambar untuk modem adalahModem ialah sebuah singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator adalah bagian yang berfungsi guna mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa atau carrier dan siap dikirimkan, sedangkan Demodulator merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima yang selanjutnya informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
Modem adalah penggabungan dari 2 alat tersebut yang artinya modem merupakan suatu alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh 2 arah pada umumnya memakai bagian yang disebut "modem", seperti Microwave Radio dan sebagainya, namun pada umumnya istilah modem dikenal sebagai sebuah Perangkat keras yang digunakan untuk keperluan komunikasi pada komputer.

4. Komunikasi Server:Mengkonsentrasikan komunikasi pengguna deal-in dan remote akses ke lan . Komunikasi Server memiliki beberapa interface analog dan digital serta mampu melayani user sekaligus.

Komentar